Friday 6 November 2015

cara menjaga kesehatan telinga

cara-cara menjaga kesehatan telinga

Berikut di bawah ini merupakan cara-cara menjaga kesehatan telinga

  1. Asam folat dan seng itu tak hanya bisa membantu dalam menjaga kesehatan tubuh Anda, tetapi juga benar-benar bermanfaat untuk kesehatan telinga. Anda sebaiknya mengurangi konsumsi kafein, gula, garam, rokok, serta pemanis buatan.
  2. Cara kedua yakni hindari berada di lingkungan bising, contohnya di sekitar mesin pabrik. Apabila Anda terlalu sering berada di daerah dengan lingkungan suara yang bising dapat menjadikan organ pendengaran Anda tuli, jika memang Anda terpaksa harus bekerja di daerah dengan lingkungan suara bising (Tuntutan pekerjaan), maka sebaiknya gunakan perangkat pelindung telinga, agar pendengaran tak terganggu nanti.
  3. Apabila telinga terasa berdengung atau sakit, sebaiknya hindari pengobatan dengan metode Anda sendiri, akan lebih baik apabila Anda pergi berkonsultasi ke dokter THT, di mana mereka akan memeriksa dengan lebih akurat. Dokter akan memberikan saran terbaik apapun yang mengganggu pendengaran Anda.
  4. Cara keempat yakni Anda harus membersihkan telinga secara teratur, dan pakai cotton bud. Namun ketika menggunakan cotton bud harus ekstra hati-hati, jangan sampai terkejut, sebab nanti bisa-bisa cotton bud terdorong terlalu dalam dan menggores bagian penting di dalam organ telinga, itu justru malah lebih berbahaya, lebih baik tidak membersihkan telinga daripada terjadi kejadian seperti ini. Selain itu, dengan memasukkan cotton bud terlalu dalam, yang terjadi adalah kotoran telinga akan semakin masuk ke dalam, padahal itu di luar tujuan semula untuk mengeluarkan kotoran telinga. Kotoran yang masuk terlalu dalam pada organ telinga Anda akan menyebabkan gangguan pendengaran dan juga cedera pada organ telinga Anda, bisa terjadi infeksi jika sudah parah.
  5. Hindari menggunakan earphone, terutama bagi Anda yang memiliki kebiasaan mendengarkan musik memakai earphone ini saat di jalan maupun sebelum tidur. Jika memang mau menggunakan earphone atur batasan waktunya, jangan terlalu lama, paling tidak maksimal 1 jam saja, lebih kurang dari itu lebih baik. Dan saat menggunakan earphone tersebut, Anda jangan mengatur settingan suara terlalu keras, karena pendengaran dapat menjadi terganggu, kemampuan pendengaran Anda dapat menjadi berkurang dari batasan normal pendengaran manusia seharusnya. Jika memang memungkinkan, sangat disarankan untuk mendengarkan lagu tanpa menggunakan earphone, Anda dapat menggantinya dengan menggunakan speaker.
 Maka kita harus mencaga kesehatan telinga dengan cara cara menjaga kesehatan telinga yang saya sudah sajikan untukk anda.

0 comments:

Post a Comment