Thursday 5 November 2015

Macam Macam Virus

 MACAM MACAM VIRUS

Banyak orang yang belum mengetahui macam macam virus .Macam macam virus yang menyerang manusia antara lain HIV, ebola, hepatitis, Measles, Herpes, Human Papilomavirus, adeno, rabies, polio dll dan cara penularannya.
HIV (Human Immunodefi ciency Virus)
Virus hiv merupakan janis virus yang menyebabkan penyakit AIDS, yang menyerang sel sel darah putih. Gejala dari penyakit yang diakibatkan oleh virus HIV adalah gabungan dari beberapa jenis penyakit akibat kekebalan tubuh yang semakin melemah.
Cara penularan virus HIV dapat melalui transfusi darah, air susu ibu, hubungan seksual dan jarum suntik.
macam macam virus
Terdapat 2 jenis HIV yaitu HIV-1 dan HIV-2. Untuk memastikan bahwa seseorang terinveksi virus HIV AIDS dengan dilakukan test PCR, tes antiodi HIV, tes antigen HIV.
Virus ebola (ebola virus)
Viros ebola tergolong virus yang mematikan, virus ini mampu menyerang sel sel pertahanan tubuh, gejala yang timbul adalah demam yang disertai dengan pendarahan.
Cara penularan virus ebola melalui kontak cairan penderita, seperti keringat, darah, sperma, liur, dan lainnya.

Virus hepatitis
Virus hepatitis A
Virus ini mudah untuk menular melalui air dan makanan. Virus ini tergolong ringan umumnya bisa pulih kembali karena tidak menimbulkan kerusakan pada jaringan hati atau dengan kata lain penderita bisa sembuh total. Untuk mencegah virus ini anda harus menjaga kebersihan diri, lingkungan tempat tinggal, kebersihan makanan dan minuman sehari-hari.

Virus hepatitis B
Virus hepatitis dapat menyebabkan penyakit hepatitis B, virus ini menyerang sel sel hati. Seseorang yang terserang virus hepatitis perutnya biasanya akan membesar dan tubuhnya berwarna kuning.
Orang yang sangat beresiko tertular penyakit hepatitis B adalah pekerja seks komersial, perawat, dokter dan bayi yang lahir dari ibu penderita penyakit hepatitis B.
Sangat sedikit orang yang menyadari jika hatinya sedang bermasalah karena hepatitis B memang tidak menunjukkan gejala penyakit kasat mata. Seseorang yang menderita penyakit ini biasanya tidak merasakan sedang mengidap penyakit yang mematikanini.
Bagi anda yang sering melakukan medikan medical chek-up akan memperkecil risiko tersebut. Dengan Medical check-up, gejala hepatisis B dapat diketahui sejak dini sehingga segera mendapatkan perawatan yang tepat.
Selain hepatitis A dan hepatitis B masih terdapat beberapa virus hepatitis lainnya yaitu hepatitis c, D, E dan hepatitis G.

Measles virus
Measles virus dapat menyebabkan penyakit cacar. Virus jenis ini menyerang sel kulit dengan gejala awal demam, pilek, muncul luka cacar dimulai dari wajah hingga ke seluruh tubuh.
Cara penularan virus ini melalui saluran hidung. Virus campak yang berasal dari cairan hidung dan tenggorokan yang keluar dari penderita pada saat bersin, bantuk, dan bernapas.
Penyakit campak dapat dicegah dengan imunisasi.
Herpes Simplex virus
Virus ini menyebabkan penyakit herpes. Bagian tubuh yang diserang adalah membran mukus (lendir) pada mulut, alat kelamin, dan kulit. Gejala penyakitnya adalah kulit memerah dan muncul bintil-bintil seperti luka melepuh.
Herpes ditularkan melalui cairan tubuh seperti air liur, cairan kelamin, ciuman, oral seks, dan berhubungan seksual merupakan media terbaik untuk penularan virus herpes.
Human Papilomavirus HPV
Virus ini dapat menyebabkan kutil pada manusia. Virus ini dapat menyerang sel-sel kulit dan dapat menyebabkan kanker. Gejala awalnya dalah munculnya benjolan kulit.
Virus ini dapat menginveksi alat kelamin laki-laki maupun perempuan yang menyebabkan kutil kelamin serta kanker serviks. Jika diketahui lebih dini maka infeksi ini bisa disembuhkan dalam waktu 1-2 tahun, tapi jika berlarut-larut maka dapat menyebabkan kanker.
Adenovirus
Virus ini dapat menginfeksi saluran pernapasan, mata, usus, dan saluran kemih – Virus ini dapat menginfeksi saluran pernapasan akut pada anak-anak dan sering menjadi penyebab diare. Selain menyerang saluran pernapasan virus ini juga dapat menyebabkan penyakit lainnya seperti gastroenteritis, konjungtivitis, sistitis (infeksi kandung kemih), dan penyakit ruam.
Paramyxovirus
Virus ini menyebabkan penyakit gondong. Virus ini menyerang kelenjar parotis, sehingga menimbulkan bengkak atau radang pada rahang. Dalam dunia kedokteran penyakit ini dikenal senagai parotitis.
virus yang menyebabkan penyakit infeksi kelenjar ludah. Penyakit ini dapat menular melalui kontak sentuhan maupun udara (seperti bersin).
Orthomyxovirus
Virus ini dapat menyebabkan penyakit infl uenza. Gejalanya panas tubuh tinggi, sesak nafas, keluar lendir pada rongga hidung, nafsu makan berkurang, pusing kepala, batuk, dan demam.
Virus rabies
Virus ini dapat menyerang sistem saraf hewan maupun manusia. Penyakit ini dikenal dengan penyakit anjing gila. Cara penularan penyakit ini melalui gigitan hewan anjing, kucing, atau kera yang menderita rabies.Terima kasih kepada Louis karena telah menemukan vaksin dari rabies.
Poliomyelitis (Virus polio)
Virus ini menyerang sistem saraf pada sistem alat gerak balita yang dapat menyebabkan kelumpuhan anggota gerak bagian bawah. Penyakit ini dapat dicegah dengan memberikan vaksin polio pada balita. Terima kasih kepada Jonas Salk karena telah menemukan vaksin untuk polio.
Selain beberapa virus yang telah disebutkan diatas masih banyak legi macam macam virus lainnya, Virus flu burung H7N9, Virus Deman Berdarah (virus dengue), Virus Rubella dan masih banyak lagi virus virus baik yang tidak berbahaya maupun virus yang tergolong sangat berbahaya.
Untuk itu kita harus menjaga kebersihan agar tidak terinfeksi virus dan harus mengetahui macam macam virus

0 comments:

Post a Comment